Rabu, 01 Juni 2016

PROCESSOR

Hallo semuanya, Apa kabar? semoga semuanya baik, ya amin . dikesempatan kali ini gw akan membahas tentang perangkat keras Processor. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu processor? maka dari itu gw membuat artikel tentang processor agar semua orang bisa tau apa itu Processor.
Oke langsung saja ke topik utama kita yaitu apa sih yang di namakan Processor?
Processor adalah Otak dari sebuah komputer. kenapa disebut otak? karena tanpa adanya Processor komputer takkan bisa berjalan ataupun berfungsi, seperti halnya manusia kalau tidak ada otaknya pasti tidak akan akan bisa hidup dengan normal. Processor sendiri mempunya beberapa macam yaitu :
1. INTEL

merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di daerah USA dan sangat terkenal dengan sebuah rancangan produksi mikroprosessor nya dan juga mengkhususkan dalam pembuatan sirkuit. Intel juga membuat kartu jaringan, komponen chipset dan lainnya. Intel telah memiliki project riset yang sangat maju dalam seluruh aspek dalam bidang produksi semi konduktor, termasuk MEMS. Intel juga telah mengganti logo dan slogan pada awal Januari 2006. slogannya yaitu "intel inside" dirubah dengan "Intel Leap Ahead".
Setelah sekian lama intel beroperasi akhirnya menghasilkan beberapa produk. inilah beberapa produk yang dihasilkan oleh intel :
  1. Intel® Pentium®4
  2. Intel® Pentium® Dual-Core
  3. Intel® Core™2 Duo
  4. Intel® Core™2 Quad
  5. Intel® Core™2 Extreme
  6. Intel® Core™ i3
  7. Intel® Core™ i5
  8. Intel® Core™ i7
2. AMD

merupakan sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, prosessor atau sebuah IC (integrated circuit) yang berlokasi di Sunnyvale, California, Amerika. Pabrik produksi pertama berlokasi di Austin, Texas, Amerika. dan kemudian pabrik kedua berlokasi di Dresden, Jerman yang telah ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. Jika semuanya telah berjalan lancar, maka mimpi harga sebuah sistem PC akan dapat lebih murah dan bisa terwujud karena tidak akan lagi di monopoli oleh perusahaan Intel. Namun pada tahun 2006 juga, AMD telah berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Technology. Perusahaan ini merupakan penyedia prosesor x86-compatible processors terbesar kedua. dan AMD juga sudah mulai dikenal oleh seluruh dunia.
Berikut beberapa produk dari AMD :
  1. AMD Sempron™
  2. AMD Athlon™ FX
  3. AMD Athlon™ 64
  4. AMD Athlon™ X2
  5. AMD Athlon™ X3
  6. AMD Athlon™ X4
3. ARM


mungkin processor ini jarang atau belum mendengarnya sama sekali, karena memang sebagian besar digunakan pada perangkat handphone, musik player dan router.
4. CYRIX

 Diproduksi pertama pada tahun 1988. Mempunyai fitur kecepatan yang cukup optimal dan juga suhu kerja yang rendah. Namun secara kwalitas, masih dibawah intel dan AMD.
5. TRANSMETA

 Awal diproduksi tahun 1995. Keunggulannya yaitu membutuhkan daya yang lebih sedikit, harga yang lebih murah dan tidak cepat panas.
6. VIA

 Pertama kali diproduksi tahun 1987 oleh Negara Taiwan. Dan lebih difokuskan untuk menjalankan perangkat yang lebih ringan dan relative kecil.

Itulah yang dapat gw jelaskan tentang Processor pada sebuah komputer/PC. Mungkin bisa dijadikan sebagai Refereni atau pembelajaran dan intinya semoga bermanfaat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar