Sabtu, 18 Juni 2016

Kegunaan dan Fungsi Microsoft Excel

Hallo jumpa lagi dengan gw. Setelah sebelumnya gw posting tentang Microsoft Word dikesempatan kali ini gw akan share software Microsoft Office lainnya yaitu Microsoft Excel. Apa itu Microsoft Excel? Microsoft Excel merupakan
Salah satu Software Microsoft Office yang berfungsu untuk mengolah data, perhitungan matematika dengan rumus-rumus tertentu yang telah disediakan, pembuatan tabel serta pembuatan grafik dan masih banyak lagi tentunya. software ini sangat membantu untuk menyelesaikan masalah administratif mulai dari yang sederhana sampai yang lebih kompleks.

Istilah-Istilah Dalam Microsoft Excel

  1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
  2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
  3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
  4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
  5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain. Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
  6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah. Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
  7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
  8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar. Contoh : Holla nama lain range A5:G7


Rumus-Rumus Dalam Microsoft Excel

 A. Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :

1. Fungsi If :
Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
Contoh : =If(A5<17,”anak-anak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))

2. Fungsi String

Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan

3. Fungsi VALUE

Digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)

4. Fungsi FIND

Digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)

5. Fungsi MID

Digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)

6. Fungsi LEFT atau RIGHT

Digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)

7. Fungsi REPLACE

Digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter), penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)

8. Fungsi CONCATENATE

Digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)

B. Fungsi Tabel

Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP), penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

Berikut Rumus-Rumus yang Sering digunakan dalam Excel
  1. Fungsi SUM Digunakan untuk menjumlah sebuah angka yang ada pada kolom-kolom tertentu. Penulisannya misal  "=SUM(C3:G6) Lalu enter"
  2. Fungsi AVERAGE Diguunakan untuk mencari rata-rata. penulisannya misal "=AVERAGE(G7:G15) lalu enter"
  3. Fungsi MAX Digunakan untuk mencari nilai tertinggi. Penulisannya "=MAX(G7:G15) lalu enter"
  4. Fungsi MIN Digunakan untuk mencari nilai terendah. Penulisannya "=MAX(G7:G15) lalu enter"

Kelebihan dan Kekurang pada Microsoft Excel

Kelebihan Microsoft Excel
Sebagai Software yang sangat populer tentu Ms.Excel mempunyai kelebihannya yaitu:
  • Antarmuka pengguna yang userfriendly.
  • Tersedianya fitur untuk membuat grafik data.
  • Adanya fitur pemrograman VBA.
  • Kemampuan menyimpan data dalam jumlah besar.
  • Mudah dioperasikan jika paham rumus dan logika dalam Excel.
Kelemaha Microsoft Excel
Selain memiliki kelebihan tentu juga ada kekurangan nya yaitu :
  • Merupakan program berlicensi sehingga harus membayarnya kepada pengembang.
  • Jika belum tahu rumus dan logika excel, akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.
  • Jika salah menggunakan rumus akan berakibat pada kesalahan membaca data.
Demikianlah artikel dapat gw buat tentang Kegunaan dan Fungsi Microsoft Excel. Bila ada kekurangan mohon di maklumi. Somoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar